Pelayanan Kedokteran Gigi Anak

Pedodontics merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang khusus untuk menangani masalah kesehatan gigi pada anak. Dokter-dokter gigi spesialis gigi anak akan menangani masalah gigi anak sesuai dengan kebutuhan perawatan gigi anak tersebut dengan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan penanganan pada orang dewasa, sehingga dapat mengurangi ketakutan dan kecemasan anak pada saat mengunjungi dokter gigi, juga untuk mencegah terjadinya trauma pada saat anak mengunjungi dokter gigi pertama kali.
Pedodontik atau perawatan gigi pada anak merupakan hal yang sering diabaikan oleh orangtua, utamanya pada periode gigi susu. Orangtua umumnya menganggap gigi susu yang rusak tidak perlu dirawat karena nantinya akan tergantikan dengan gigi permanen, sehingga sering kali gigi susu yang rusak harus segera dicabut sebelum waktunya. Pencabutan gigi susu sebelum waktunya (premature loss) menyebabkan gigi permanen yang akan tumbuh tidak lagi memiliki petunjuk arah tumbuh, sehingga sering kali gigi permanen akhirnya tumbuh tidak teratur dan menyebabkan gigi anak menjadi tidak teratur. Selain premature loss gigi susu, masalah lain yang sering terjadi pada gigi anak adalah tumbuhnya gigi permanen pengganti di saat gigi susu masih ada (persistensi). Hal ini sering terjadi karena kurangnya motivasi masyarakat untuk mengunjungi dokter gigi.


Gambar 1. Gambar gigi susu yang tumbuh normal


Jenis-jenis perawatan gigi yang dapat dilakukan pada anak :


* Pencabutan Gigi Susu
Pencabutan gigi susu sebaiknya dilakukan sesuai dengan usia pertumbuhan gigi permanen penggantinya. Gigi susu yang sudah memiliki gigi permanen pengganti, biasa sudah mulai goyang, sehingga anak-anak akan mulai merasa tidak nyaman. Namun ada kalanya, gigi permanen pengganti sudah tumbuh tetapi gigi susu belum goyang. Kondisi tersebut disebut gigi persistensi. Pada keadaan seperti ini, gigi susu yang belum goyang tersebut harus tetap dicabut, mengingat gigi permanen pengganti sudah tumbuh dan membutuhkan tempat. Hal ini bertujuan untuk mencegah letak gigi yang tidak beraturan dan bertumpuk-tumpuk.

Gambar 2. Gambar gigi susu persistensi

* Penambalan Gigi Susu / Gigi Permanen Muda
Gigi susu atau gigi permanen muda yang mengalami kerusakan (gigi berlubang) sebaiknya segera ditambal. Gigi berlubang yang dibiarkan akan terus-menerus rusak dan akhirnya harus dicabut. Bila gigi susu rusak parah dan harus dicabut, tetapi gigi permanen penggantinya belum waktunya tumbuh, maka ruangan bekas pencabutan gigi susu tersebut, yang seharusnya ditempati oleh gigi permanen, akan mengecil/menyempit, sehingga bila tiba waktunya gigi permanen tumbuh, gigi tersebut akan kekurangan tempat. Bila yang rusak parah adalah gigi permanen muda, dan harus dicabut, nantinya tidak akan ada lagi gigi yang tumbuh di tempat itu, sehingga gigi tetangganya yang tersisa akan miring dan menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, gigi susu maupun gigi permanen muda yang mengalami kerusakan harus segera ditambal, agar kerusakannya tidak semakin parah.

Gambar 3. Gambar gigi susu yang menngalami kerusakan (karies)
dan membutuhkan penambalan


* Perawatan Saluran Akar Gigi Susu / Gigi Permanen Muda

Perawatan saluran akar gigi susu atau gigi permanen muda dilakukan pada gigi dengan tingkat kerusakan mencapai ruangan pulpa, namun belum waktunya untuk dicabut dan tidak cukup bila hanya dilakukan penambalan, sehingga untuk mempertahankan gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar. Dengan dilakukannya perawatan saluran akar pada gigi susu tersebut, diharapkan dapat mengurangi kontak anak dengan obat-obatan pereda sakit (analgesik) akibat gigi yang rusak tersebut sering menimbulkan rasa sakit. Selain itu, dengan dilakukannya perawatan saluran akar dapat mempertahankan keberadaan gigi tersebut lebih lama, sehingga dapat tetap memaksimalkan fungsi pengunyahan anak, mempertahankan lengkung rahang anak, dan dapat menjadi petunjuk bagi gigi permanen pengganti yang akan tumbuh nantinya.


* Preventive Dentistry pada Pasien Anak-Anak
- Topikal Aplikasi Fluor
Sebuah perawatan dengan mengaplikasikan bahan yang mengandung fluoride pada seluruh permukaan gigi susu atau gigi permanen muda yang masih sehat untuk membantu melindungi gigi dan mencegah terjadinya lubang gigi (karies).
- Fissure Sealent
Sebuah tindakan perawatan gigi pada anak dimana diaplikasikan bahan tambalan sealent (flowable composite) di atas fissur gigi susu yang dalam untuk mencegah kerusakan gigi akibat sisa makanan yang mudah tersangkut dan menjadi sulit dibersihkan karena anatomi fissur gigi yang dalam.

* Interseptive Orthodontic
Suatu perawatan yang bertujuan menjaga lengkung rahang dan mengembalikan ruang yang menyempit setelah dilakukannya pencabutan dini gigi susu (premature extraction) dengan menggunakan alat yang dapat berupa alat lepasan, semi cekat, atau cekat (brackets).